12/10/2010

Senyawa Senyawa Penguat Imun (antibody) Yang Ada Dalam Makanan, Sayuran, Dan Buah Buahan

Senyawa Senyawa Penguat Imun (antibody) Yang Ada Dalam Makanan, Sayuran, Dan Buah Buahan. Beberapa senyawa penguat imun yang ada dalam makan, sayuran, buah-buahan, dan lauk pauk yang kita makan sehari-hari diantaranya adalah Vitamin C, Vitamin E, Beta Karoten, Bioflavanoids, Seng (Zinc), Selenium, dan Lemak Omega3.

Vitamin C
Vitamin C meningkatkan pengeluaran sel darah putih dan antibodi yang melawan penyakit. Selain itu , ia juga berfungsi meningkatkan kadar interferoon yang melindungi permukaan sel agar tidak dimasuki virus . makanan sumber vitamin c antara lain buah2 an seperti jeruk, jambu batu, pepaya dan sayuran segar.

Vitamin E
Vitamin ini merangsang pengeluaran sel pembunuh yang mencari dan memusnahkan kuman serta sel kanker. Vitamin E menambah pengeluaran sel B yang bertugas menghasilkan antibodi pemusnah bakteri. Vitamin E banyak terdapat dalam kecambah, biji2an dan kacan2 an utuh. SUsu kedelai, tahu, dan tempe merupakan sumber Vitamin E yang baik disamping makanan ini juga mengandung sitosterol, flavonoid, dan lechitin yang dianggap dapat turut membantu menurunkan kadar kolesterol darah.meskipun lesitin makanan akan dipecah dalam usus oleh enzom lesitinase, unsur makanan ini mungkin merupakan bahan baku pembentukan fosfolipid yang berfungsi dalam pencegahan pelemakan hati, perbaikan struktur syaraf (otak) dan metabolisme lemak.

Beta Karoten
Beta Karoten menambah jumlah sel yang melawan penyakit, sel pembunuh dan sel T penolong, serta bermanfaat untuk melambatkan proses penuaan. Nutrisi ini juga merangsang sel imun dan makrofag agar menghasilkan nekrosis tumor yang akan membunuh sel kanker.Sumbernya terdapat dalam wortel, kubis, bayam, aprikot, labu, semangka, brokoli dan mangga.

Bioflavanoids
Bioflavanoids adalah kumpulan fitonutrien yang membantu sistem imun dengan melindungi sel-sel tubuh dari bahan pencemar alam. Makanlah berbagai jenis sayur dan buah 2 an setiap hari agar bisa mendapatkan bioflavanoids.

Seng (Zinc)
Mineral ini akan menambah pengeluaran sel darah putih yang melawan penyakit dengan kuat. seng juga meningkatkan sel-sel pembunuh kanker dan membantu sel darah putih memproduksi antibodi. Selain itu , seng juga akan meningkatkan jumlah sel T yang akan melawawn penyakit terutama penyakit keturunan terutama pada orang tua yang biasanya kekurangan seng. Sumber seng ini bisa didapatkan dalam makanan seperti tiram dan kerang-kerangan.

Selenium
Mineral ini ,menambah sel pembunuh dan mengaktifkan sel-sel yang melawan kanker. Selenium merupakan mineral yang terdapat dalam bawang putih. Sumber selenium lain adalah biji-bijian utuh, sayuran seperti brokoli serta tomat dan ikan laut.

Lemak Omega3
Lemak ini bertugas untuk merangsang sel imun melalui peningkatan aktiivitas fagosit yaitu sel darah putih yang memakan bakteri . Sumber lemak ini banyak terkandung dalam ikan.

Semoga bermanfaat :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...