12/11/2010

Obat Alami Untuk Sakit Diare

Obat Alami Untuk Sakit Diare. Ada 117 jenis tanaman yang sering digunakan masyarakat Indonesia, terutama di pedesaan, untuk mengusir diare.  Namun setelah diteliti oleh para pakar Ahli dalam bidangnya itu,  hanya 21 jenis yang efektif,  antara lain Jambu Biji, Daun Salam, Lempuyang Gajah, dan Daun Katuk .

Tanaman-tanaman ini mengandung zat aktif yang mampu menghentikan diare,  seperti minyak asiri,  alkaloid, flavonoid, tanin, dan pektin.  Zat aktif ini juga berperan sebagai antibakteri, absorbent (penetral racun), astrengent (melapisi dinding mukosa usus terhadap rangsangan isi usus), dan antispasmolitik (kontraksi usus).

Dari keempat tanaman obat tersebut, mana yang paling mudah diperoleh? Jawabannya jelas, Jambu biji atau jambu batu (Psidium guajava L.).  Buahnya kaya vitamin C. Daun dan buah mudanya bisa digunakan untuk mengobati diare. Sedangkan akarnya cukup ampuh dalam mengatasi disentri awal (stadium dua).

Menurut penelitian, rebusan daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia colli dan Staphylococcus aureus, yang digunakan sebagai dasar penggunaan daun jambu biji sebagai obat diare akibat infeksi (Yuniarti, 1991).

Zat aktif dalam daun jambu yang dapat mengobati diare adalah tanin. Daun kering yang digiling halus mengandung tanin sekitar 17,4 persen. Makin halus, makin tinggi kandungan taninnya. Senyawa itu bekerja sebagai astrengent, penyerap racun, dan bisa menggumpalkan protein.

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami diare, segera lakukan tindakan berikut. Rebuslah 15-30 gram daun jambu biji kering ke dalam 150-300 ml air. Patokannya adalah setiap satu gram daun kering direbus dalam 10 ml air.

Lama perebusan sekitar 15 menit, dihitung sejak air mendidih. Hasil rebusan kemudian disaring, dan airnya diminum sebagai obat diare.

Apabila ingin memanfaatkannya dalam bentuk segar, diperlukan 12 lembar daun segar, lantas dicuci bersih dan ditumbuk halus. Tambahkan setengah cangkir air masak dan garam secukupnya.

Ramuan ini kemudian diperas dan disaring. Airnya hasil perasan ini langsung diminum. Agar rasanya lebih sedap, boleh juga ditambahkan madu.

Biasanya dalam waktu selambatnya tiga hari, diare sudah mereda. Namun penting diingat, jika dalam waktu tiga hari belum ada gejala kesembuhan, jangan segan-segan membawanya ke dokter terdekat.

Semoga bermanfaat :)

sumber : asephd.blogdetik.com

4 comments:

Obat Kencing Manis said...

jambu biji selain enak juga bisa buat obat

Kiki said...

Iya berguna untuk obat juga..

obatpenyakitpegaldileher said...

tanks informasi nya
semoga bermanfaat ..:)

obat infeksi ulu hati.

obat tradisional hernia anak said...

informasi yg bagus..
semoga di beri kesuksesan dan kelancaran

obat infeksi ulu hati.

Silahkan komentarnya gan sekalian tinggalin jejek tapi jangan nyepam nohope

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...