3/05/2011

Buah Tomat (Mengenal Lebih Jauh Buah Tomat)

Buah Tomat  (Mengenal Lebih Jauh Buah Tomat). Siapa yang tidak kenal dengan buah tomat, buah yang di Indonesia umumnya berwarna merah cerah ini. Buah yang sangat mudah kita jumpai dan banyak digunakan untuk membuat berbagai macam olahan masakan, minuman, dan juga dapat dijadikan sebagai konsumsi untuk berbagai macam alasan kesehatan. Seperti untuk pencegahan kanker prostat, untuk keperkasaan, dan lainnya. Kali ini kita akan mencoba mengenal lebih jauh buah tomat.

Tomat yang mempunyai nama latin Lycopersicum esculentum adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang. Sebenarnya kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl.
Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith "The Tomato in America", tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya.

Berikut adalah beberapa jenis tomat.

Tomat Plum

Disebut demikian karena bentuknya mirip buah plum. Lonjong dengan permukaan kulit yang tipis dan daging buah yang banyak mengandung air. Tomat jenis ini selain tepat untuk tumisan, bisa juga untuk masakan dengan proses masak yang lama, seperti saus, sup tomat, atau tomat panggang.

Tomat Beef

Ukurannya paling besar dibanding jenis tomat lainnya, daging buahnya pun tebal. Tomat jenis ini lebih cocok untuk salad atau pelengkap sandwich.

Tomat Ceri

Ukurannya mini, mirip dengan buah ceri. Rasa buahnya manis dan juicy. Jenis ini paling cocok digunakan untuk pelengkap salad dan juga sebagai camilan sehat tanpa harus dimasak.

Tomat Hijau

Warnanya hijau dengan daging buah yang agak keras. Rasanya agak asam dan kandungan airnya paling sedikit dibanding tomat lainnya. Biasanya tomat ini dijadikan sebagai tambahan untuk hidangan yang cita rasanya asam segar.

Tomat Anggur

Sesuai namanya, tomat anggur memiliki ukuran mirip anggur, mungil dan bulat, lebih mungil dibandingkan tomat ceri maupun tomat plum. Biasanya dimanfaatkan sebagai campuran salad dan campuran untuk jajanan pembuka. Tomat anggur di pasaran bisa didapatkan dalam dua warna, merah dan kuning.

Tomat Pear

Teksturnya mirip dengan tomat ceri dan memiliki ukuran dan rasa sangat mirip dengan buah pear. Itu sebabnya, tomat pear kadang disebut juga tomat airmata. Bisa ditemukan dalam warna merah, kuning, hingga orange. Tomat pear, sangat cocok diolah menjadi campuran salad atau untuk ragam racikan pembuka lainnya.

Dan tomat juga mempunyai berbagai macam manfaat, seperti pada posting yang lalu saya juga menulis tentang "Mencegah Kanker Prostat dengan Makan Tomat" seta berikut berbagai macam manfaat dari buah tomat ;

1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung

2. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.

4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).

5. Mengurangi resiko radang usus buntu.

6. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.

7. Menghilangkan jerawat.

8. Mengobati diare

9. Meningkatkan jumlah sperma pada pria

10. Memulihkan fungsi lever.

11. Mengatasi kegemukan

Itulah sedikit mengenal lebih jauh buah tomat, buah yang sangat sering kita jumpai yang mempunyai berbagai macam manfaat dan kandungan gizi, dan tentunya buah yang satu ini relatif murah.

Semoga bermanfaat :)

Baca Juga :

4 comments:

Anonymous said...

nice

Obat Pembesar said...

waw... ternyata tomat banyak macamnya juga ya??

obat tradisional hernia anak said...

informasi yg bagus..
semoga di beri kesuksesan dan kelancaran

obat infeksi ulu hati.

cara menghilangkan jerawat said...

thanks gan, manfaat tomat memang banyak untuk kesehatan dan kecantikan

Silahkan komentarnya gan sekalian tinggalin jejek tapi jangan nyepam nohope

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...