3/12/2011

Buah Timun, Mentimun, Ketimun Yang Murah Namun Segudang Manfaat

Buah Timun, Mentimun, Ketimun Yang Murah Namun Segudang Manfaat. Yups Timun, Mentimun, atau sering juga disebut Ketimun buah murah meriah namun mempunyai segudang manfaat dan khasiat. Buah yang memiliki nama latin Cucumis Sativus ini bisa didapat sepanjang musim. Buah timun, ketimun atau mentimun ini bisa dihidangkan atau disajikan dengan berbagai pilihan, bisa untu dijadikan lalaban ( buat colek sambel :D bisanya orang sunda) buat dijadikan sayur atau tumis, ataupun buat dijadikan jus. Banyak banget kan hasil olahan dari buah yang satu ini :D Mari kita lihat kandungan gizi dan vitamin yang ada dalam buah mentimun ini ;


Kandungan  zat gizi  per 100 gram berat ketimun :   energi 12 kalori, protein 0.7gr, lemak 0.1gr, karbohidrat 2.7gr, kalsium  10mg, fospor 21mg, besi 0.3mg, vitamin A 0 RE, vitamin C 8.0mg dan  vitamin B 0.3mg.  Kandungan mineral yg ada pada ketimun adalah potassium, magnesium, kalium, zat besi dan fospor.  Karena kandungan potasium, magnesium dan fosfor ini, ketimun bagus sebagai obat  alami hipertensi. Oleh karena itu bagi orang yang menderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi mentimun.

Mentimun/Ketimun juga sebagai :

Detoksifikasi
Karena kandungan air ketimun  sangat tinggi (hingga 90%),sehingga ketimun memiliki efek memperlancar buang air kecil, membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun), membantu melunturkan bakter-bakteri di sepanjang usus dan dinding kandungan kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam ketimun  mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal. Asam urat yang berlebihan di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk di persendian sehingga menyebabkan sakit radang sendi. Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk di saluran kemih akan membentuk batu ginjal. Dengan mengkonsumsi ketimun akan membantu meluruhkan kristal / batu ginjal dan menghindari penumpukan racun. (saya paling suka kalau buat lalaban :) karena seger banyak airnya)

Obat Hipertensi
Caranya yaitu : Ambil 2 buah mentimun, cuci, parut, lalu peras. Minum airnya dan  lakukan 2-3 kali sehari.  Cara lain, ambil 200 gram mentimun, rebus, lalu  saring. Minum airnya dan lakukan sehari sekali.

Makanan/Obat Pelangsing
Mengkonsumsi mentimun juga dapat menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah dan kaya akan serat.
Kandungan lainnya dalam mentimun antara lain adalah asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat menurunkan berat badan.

Memperlancar Buang Air Kecil
Campurkan 1 gelas sari buah mentimun di campur dengan 1 sdt madu dan 1 sdt jeruk nipis segar. Minum ramuan tersebut dan lakukan setiap dua kali.

Obat Tifus
Ambil juga 2 buah mentimun, cuci bersih, parut, dan peras. Minum air perasan ini dan lakukan 3 kali sehari.

Mengobati Diare pada Anak
Sediakan 1 buah mentimun, cuci, rebus, lalu haluskan. Saring, ambil airnya, dan beri sedikit madu. Minum ramuan tersebut hingga diare mampet.

Sebagai Anti Kanker
Terkadang ketimun terasa pahit. Rasa pahit tersebut berasal dari saponin, yaitu senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir mentimun. Meskipun pahit, saponin bermanfaat sebagai anti kanker, menurunkan kolestrol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan juga bisa digunakan untuk :

Mengobati Sengatan Lebah
Ambil buah mentimun, kupas, lalu potong-potong. Masukkan potongan mentimun ke blender, lalu hancurkan hingga menjadi cairan kental. Olesi atau rendam bagian tubuh yang tersengat lebah dengan cairan tersebut selama satu jam. Rasa sakit, gatal, dan bengkak akibat sengatan lebah akan hilang.

Banyak bangetkan manfaat dari mentimun, ketimun atau timun ini, memang buah yang murah namun mempunyai segudang manfaat.

Sekian semoga bermanfaat :)

Baca juga :

5 comments:

Alat said...

buah yang murah tp kaya manfaat...

Anonymous said...

salam kenal blogger anyar.. mampir ke article bolong ya... aku follow koe ..

obatpenyakitpegaldileher said...

tanks informasi nya
semoga bermanfaat ..:)

obat infeksi ulu hati.

obat tradisional hernia anak said...

informasi yg bagus..
semoga di beri kesuksesan dan kelancaran

obat infeksi ulu hati.

Mobile App Developers said...

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Silahkan komentarnya gan sekalian tinggalin jejek tapi jangan nyepam nohope

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...