4/02/2011

Pisang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Pisang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Dulu saya pernah posting sekilas tentang Manfaat Pisang dalam postingan Makanan Yang Dapat Menghilangkan Stres, kali ini saya mau posting tentang Pisang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan lebih banyak lagi dan dikhususkan untuk bahas tentang pisang.

Pisang punya manfaat bagi ibu hamil, anak-anak, orang dewasa, sampai dengan lansia. Pisang Mengandung tiga gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa yang berfungsi meningkatkan energi. Penelitian telah membuktikan dua porsi pisang mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Hasil penelitian menemukan pisang dapat digunakan sebagai obat alami penyakit sbb :

Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dikenal untuk membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat Anda merasa lebih baik.

PMS (Pre menstrual syndrome)
Vitamin B6 yang dikandungnya mengatur kadar glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda.

Anemia
Tinggi zat besi, buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan sangat membantu dalam kasus anemia.

Tekanan Darah Tinggi
Buah-buahan tropis unik ini sangat tinggi kalium tetapi rendah garam, sehingga cara sempurna untuk mengalahkan tekanan darah.  Karena hasilnya yg sangat nyata  di amerika Food and Drug Administration  mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Kemampuan otak / kecerdasan
200 siswa di Twickenham (Middlesex Inggris) terbantu saat ujian  karena memakan pisang  pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Penelitian  menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa lebih bisa berkonsentrasi.

Panas Dalam
Pisang memiliki efek antacid alami dalam tubuh, jadi kalau anda menderita panas, cobalah makan pisang  untuk mengurangi sakitnya.

Morning Sickness  / Mual pada ibu Hamil
Khasiat pisang untuk ibu hamil antara lain mengobati mual. Ngemil  pisang di antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual. Pisang juga bisa mengendalikan kondisi emosional ibu hamil.

Gigitan nyamuk
Gosok daerah yang terkena dengan bagian dalam kulit pisang akan mengatasi rasa gatal dan bengkak.

Saraf
Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf. Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Berdasar penelitian terhadap 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan penderita obesitas lebih cenderung berada dalam tekanan kerja yang tinggi, saat stress itu mereka ngemil coklat atau chips. Agar tidah kelebihan berat badan/obes dengan memakan pisang  yg tinggi karbohidrat sehingga menyeimbangkan kadar gula darah utk pengatasi stress beban kerja.

Ulcers
Pisang digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress.  Pisang   juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Stres
Kalium adalah mineral penting yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika stres, metabolisme tubuh meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium. Ini dapat di rebalanced dengan bantuan potasium tinggi dari buah pisang.  Makanlah pisang saat ngemil.

Stroke
Menurut riset dalam The New England Journal of Medicine makan pisang  sebagai bagian dari diet yang teratur dapat mengurangi risiko kematian akibat stroke sebanyak 40%

Jadi, pisang  adalah obat alami untuk berbagai penyakit. Jika anda membandingkannya dengan apel, pisang memiliki empat kali protein, dua kali karbohidrat, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral. Pisang juga kaya kalium dan merupakan salah satu makanan dengan kandungan gizi terbaik

Itulah sedikit tentang Pisang dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, tentunya masih banyak lagi manfaat pisang yang bisa di eksplor. Semoga bermanfaat :)

7 comments:

Rifqi said...

nice info nih bro. Saya termasuk salah satu penggemar buah pisang.
Ternyata banyak sekali manfaatnya. Terima kasih infonya

TipsDownloadFreeware said...

wow...ternyata pisang multi manfaat
pantes monjed pada sehat.. dan untungnya efek mencerdaskan dari pisang ga berlaku utk monjed wkwkwk

Tips Seputar Rumah said...

Cukup murah dan mudah didapat.
Ternyata buah yang satu ini banyak manfaatnya buat kesehatan ya gan.

paling terasa manfaatnya saat kelaparan dan tersesat dikebun tetangga, he, he, he,

obatpenyakitpegaldileher said...

tanks informasi nya
semoga bermanfaat ..:)

obat infeksi ulu hati.

obat tradisional hernia anak said...

informasi yg bagus..
semoga di beri kesuksesan dan kelancaran

obat infeksi ulu hati.

Mobile App Developers said...

Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

GST Training said...

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

Silahkan komentarnya gan sekalian tinggalin jejek tapi jangan nyepam nohope

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...