11/29/2010

Parasetamol untuk Bayi Sebabkan Asma?

Parasetamol untuk Bayi Sebabkan Asma. Dalam sebuah penelitian terbaru, efek samping penggunaan parasetamol untuk bayi dapat menyebabkan alergi dan asma di kemudian hari.

Akan tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi ini. Pasalnya menurut seorang profesor di Otago University di Wellington masih ada memang manfaat penggunaan parasetamol untuk pengendalian demam.

"Ada kemungkinan ebih besar yang berpotensi pengembangan alergi dikemudian hari pada anak dibawah umur yang mengunakan parasetamol," kata Julian Crane, seperti dilansir Reuters, Senin (29/11/2010).

Laporan, yang telah muncul dalam jurnal 'Clinical and Experimental Alergi', didasarkan pada penelitian di Selandia Baru dimana asma dan Alergi menyerang di kota Chisrtchurnch. Penggunaan parasetamol untuk 505 bayi di Christchurch dan 914 anak berusia lima dan enam tahun di kota tersebut, menunjukan tanda-tanda asma atau sensitivitas alergi.

"Temuan utama adalah bahwa anak-anak yang menggunakan parasetamol sebelum usia 15 bulan, 90 persen lebih dari tiga kali lebih kemungkin untuk menjadi peka terhadap alergen dan dua kali lebih mungkin terkena gejala asma pada anak usia enam tahun daripada anak-anak tidak menggunakan parasetamol, "kata Crane.

Penelitian ini menemukan bahwa anak dengan usia enam tahun, 95 persen dari sampel penelitian menggunakan parasetamol dan ada peningkatan risiko yang signifikan untuk asma.

Tapi temuan tergantung pada seberapa banyak parasetamol telah digunakan, dengan risiko lebih besar bagi mereka dengan gejala asma parah.
(tyo)

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...