1/13/2012

Imajinasi dan Perkembangan Teknologi

Imajinasi dan Perkembangan Teknologi. Pernahkah kamu berimajinasi suatu saat kita bisa menginap disebuah hotel yang ada di bulan, dan bisa melihat indahnya bumi yang biru dari kejauhan sana? Atau kamu berimajinasi suatu saat kita bisa berkomunikasi  dengan sebuah robot?!. Mungkin hal seperti ini hanya bisa kita temui atau kita lihat dalam sebuah film fiksi, tapi bukan tidak mungkin hal seperti ini suatu saat akan menjadi kenyataan. Karena banyak teknologi yang sekarang sudah ada dan digunakan kita berawal dari sebuah film atau dari imajinasi para sutradara film.


Seperti contoh teknologi teleconference yang mulai dikenal luas melalui skype ditahun 2000an, yang mana pada tahun 1960an dalam sebuah film kartun The Jetsons saat salah satu karakter melakukan komunikasi bertatap muka dengan jarak yang jauh teknologi tersebut merupakan sebuah mimpi ataupun hanya sebagai imajinasi belaka pada saat itu. Tapi sekarang teknologi seperti itu sudah bukan imajinasi lagi.

Contoh lainnya misalnya tentang robot, berbicara tentang robot kita tidak boleh melewatkan negara kental dengan paduan cultur budaya tradisional dan teknologi modern yaitu Jepang. Jepang dikenal dengan teknologi mereka yang modern namun juga mereka masih kental dengan budaya tradisionalnya, dan Jepang punya robot yang terkenal yaitu ASIMO, robot humanoid yang dikembangkan oleh Honda sebuah perusahaan multinasional Jepang. ASIMO mulai dikembangkan oleh Honda sejak tahun 1980an, mulai dari Honda E series (1986-1993) dan berlanjut ke Honda P series (1993-2000), dan pada 2000an model terbaru dengan nama ASIMO diproduksi, ASIMO sampai sekarang mempunyai dua tipe yaitu tipe yang diproduksi tahun 2000 dan yang diproduksi tahun 2005.


ASIMO model terakhir mempunyai tinggi 130cm dan berat 54kg, dan mempunyai mempunyai supplay power dari 51.8V lithium ion battery yang bisa diisi ulang. ASIMO dapat berjalan dengan kecepatan 2,7km/jam, dan dapat berlari dengan kecepatan 6km/jam. ASIMO mempunyai kemampuan seperti mengenail objek bergerak, bentuk benda, gerakan, lingkungan sekelilingnya, suara, dan bisa mengenali wajah seseorang. ASIMO bahkan bisa berjabat tangan, belajar mengenali benda, dan juga bisa menendang bola. ASIMO adalah contoh dimana kita bisa berkomunikasi dengan robot (ASIMO is learning!), walaupun kecerdasan buatan yang ditanamkan pada ASIMO masih jauh dari imajinasi kita seperti yang ada difilm fiksi. Namun ini sudah mendekatkan kita bahwa suatu saat hal seperti itu mungkin terjadi dimasa depan.


Berbicara robot jepang jangan lupakan juga robot imajinasi yang berasal dari manga jepang yaitu Doraemon. Doraemon merupakan karakter manga juga anime jepang berupa robot kucing yang dikirim dari masa depan (abad 22) melalui mesin waktu untuk membantu Nobita Nobi dimasa kecilnya. Dan taukah kamu bahwa pertamakali muncul manga Doraemon ini yaitu pada tahun 1969, sekitar satu dekade (1 dekade = 10 tahun) sebelum Honda mulai mengembangkan ASIMO. Dan bisa jadi inspirasi pengembangan ASIMO terinspirasi manga Doraemon ini. Dan masih banyak hal lainnya yang merupakan dahulu cuma imajinasi tapi sekarang menjadi sesuatu yang nyata, seperti teknologi touch screen, voice command (google chrome juga dalam smartphone Android bisa melakukan pencarian lewat mesin pencari google dengan perintah suara contohnya), virtual assistant (SIRI Apple contohnya) dan lainnya.

Magnum All Terrain Vehicle (ATV), Karya: Bayu Dimas Febriansyah, SD Madania PIS, Bogor
Point yang ingin saya sampaikan pada postingan ini adalah bahwa imajinasi mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan teknologi. Mungkin inilah salah satu alasan kenapa mainan anak-anak, seperti; game, film kartun, dan mainan lainnya harus dibuat futuristik dan semenarik mungkin, sehingga anak-anak (para engineer muda) bisa berimajinasi dengan daya imajinasi mereka yang masih fresh. Dan kelak dikemudian hari semoga para engineer muda ini bisa mewujudkan imajinasinya. Imajinasi akan melahirkan sebuah ide dan dari sebuah ide itu akan menciptakan sesuatu. :)

Pustaka :
  • http://en.wikipedia.org/wiki/ASIMO
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Doraemon
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Idea

15 comments:

gezlig said...

mantab gan .... ikut ningalin jejak yah...

andri said...

ikutan juga yah bos...

obat tradisional said...

semoga sukses ya..

Diare said...

doraemon nyak lucu ... :D

Obat Penyakit Kista said...

Saya tunggu yah artikel yang menarik lainnya..
_oiya bila bias jarak antara artikel yang satu dan lainnya jangan terlalu jauh agar kami tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati artikel selanjutnya.
:D

Obat Tradisional Penyakit Hepatitis B said...

Berbagi dalam sebuah tulisan berupa informasi dalam membarikan manfaat kepada orang banyak juga dapat terasa efeknya langsung dalam kehidupan kita ini gan. Trimakasih atas infonya gan.

Obat Penyakit Kista said...

kunjungan sore nih gan..
oiya kami tunggu artikel selanjutnya namun jangan lama lama yah..heheee

azmi said...

Semakin majunya jaman, maka semakin maju juga teknologi, saya tidak bisa membayangkan tahun 2020 nanti, munkin manusia mau makan saja tinggal bicara dan mesin yang mengambilkan. sungguh pencipta teknologi adalh orang2 hebat.

Obat Alami Untuk Penyakit Hipertiroid said...

wah,,iya semua berawal dari imajinasi yah,,,,jadi ini membuktikan bahwa segala sesuatu pasti mungkin

Obat Untuk Penyakit Virgit said...

Terimakasihgan dari artikel yang anda samapikan diatas memang sangat memberikan informasi yang sangat luarbiasa.

Unknown said...

Infon Nya Sangat Bermanfaat.

Salam Kenal hangat Jabat Tangan Dari Kami, Kalo Berkenan Kunjungi Balik Kapten..


Tips Agar Tubuh Langsing Usai Melahirkan

Tips Menghilangkan Jerawat

Tips Kesehatan Menambah Berat Badan

Tips Memerahkan Bibir

+++++++ Baca Juga Seputar Tentang +++++++

alat bantu sex

alat bantu sexualitas

alat bantu sex wanita

alat bantu sex pria

obat perangsang

obat perangsang wanita

Obat Untuk Penyakit Pembuluh Darah Pecah said...

Selamat malam gan, saya ikut menyimak kembali informasi yang anda sajikan ini semakin menarik dan memberikan wawasan yang saya dapatkan. Terimakasih gan, semoga kita berada dalam kesuksesan.

Mobile App Developers said...

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

GST Training said...

This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

UI UX Design Training said...

It was terribly helpful on behalf of me. Keep sharing such ideas within the future similarly. This was truly what i used to be longing for, and that i am glad to came here! Thanks for sharing the such data with USA.

Silahkan komentarnya gan sekalian tinggalin jejek tapi jangan nyepam nohope

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...