4/03/2011

Olahan Makanan dari Pisang

Olahan Makanan dari Pisang. Setelah kemarin saya posting tentang Manfaat Pisang  kali ini saya posting tentang Olahan Makana dari Pisang (berbahan dasar pisang). Kenapa pisang..? karena pisang mudah didapat dan hamir tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Langsung aja dengan olahan makanan/camilan dari pisang yang pertama yaitu :

Es Pisang Ijo


Pisang ijo atau Es pisang ijo, adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, utamanya di kota Makassar yang terbuat dari bahan utama berupa pisang ijo. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Pisang_ijo)
Bahan-Bahan Es Pisang Ijo :

    40 gram tepung beras
    1/2 sendok teh garam
    300 ml air
    100 ml air daun suji
    3 tetes pewarna hijau
    175 gram tepung beras
    5 buah pisang raja yang tua
    es serut
    sirup merah

Bahan Saus :

    650 ml santan
    50 gram tepungh terigu
    75 gram gula pasir
    1 lembar daun pandan
    1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Es Pisang Ijo :
  1. Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
  2. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis(tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
  3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  4. Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
  5. Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.
Es Pisang Ijo diatas cocok buat siang hari atau kalau cuaca panas ( tapi dimakan malem-malem juga enak aja kok :D ). Selanjutnya Olahan Makanan dari Pisang yang kedua adalah :

Pisang Goreng Krispi


Intinya sih pisang goreng :D tapi banyak juga modifikasi dari pisang yang digoreng ini. biasanya kalo di tukang gorengan juga pasti ada yang namanya pisang goreng :D enak loh kalo dimakan malem-malem (ketauan deh kalo malem sering jajan gorengan pinggir jalan :malu ). Tapi kalo yang ini dibuat kripsi, biar bunyi krenyezz-krenyezz kalo digigit :D

Bahan-bahan Pisang Goreng Krispi :

   5 buah pisang kepok atau tanduk yang masak pohon
   minyak goreng
   Adonan Pelapis:
   3 sdm tepung terigu
   2 sdm tepung beras
   1 sdmkeju cheddar parut
   150 ml air
   1 sdt gula pasir
   1/2 sdt garam
   100 g tepung panir kasar

Pelengkap:
   mayones botolan

Cara Membuat Pisang Goreng Krispi :
  1. Kupas pisang, potong 6-10 cm dan belah membujur menjadi 3 bagian.
  2. Adonan Pelapis: Aduk tepung terigu, keju, tepung beras, gula dan garam serta air hingga licin dan cukup kental
  3. Celupkan tiap potongan pisang dalam Adonan Pelapis.
  4. Gulingkan dalam tepung panir hingga kedua sisinya terlapisi tepung panir.
  5. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning keokelatan dan kering.
  6. Angkat dan tiriskan, Sajikan dengan mayones botolan, jika suka. (Untuk 5 orang)
Sekian dulu bahasan Olahan Makanan dari Pisang, selain dua menu diatas masih banyak menu lainnya. Tapi cukup sekian dulu. Semoga bermanfaat :)

19 comments:

Blog Bisnis said...

Wah ternyata pisang sangat bermanfaat dan bisa jadi banyak variasi makanannya, terimakasih sudah share jadi tahu dan tambah info nih, di catat untuk di praktekkan

obatalternatif said...

banyak amat fariasi nya ....ck...ck... jadi pengen nyoba..

obattradisional asam urat said...

multi fariasi yach.....jadi pengen....

eva said...

makasih ya resep pisang ijonya,mau coba ni, sepertinya enak buat buka puasa bareng keluarga kecil.. :-)

Dika said...

eeemmm jadi gak sabar nunggu buka sob

Tiretruck said...

good ...

Osteoporosis said...

hadohh sayah jadi ngilr nih gan ...

zychodyzta said...

Cocok buat usaha sampingan

zychodyzta said...

Cocok buat usaha sampingan

RAMUNI said...

kalo dijawa pisang dibalut tepung trus dikukus namanya nogosari

chat said...

sangat bagus terima kasih

Chat
Chat Odaları
Sohbet
Mynet Sohbet
Mynet

sohbet said...

terima kasih chat sohbet

info blog dan teknologi said...

wah mantap nih

Endi Alimsyah said...

kyanya enak tw gan he he

Alat Bantu Sex said...

Salam Kenal Jabat Tangan Dari Kami.

blog KAmi lg Jual Alat Bantu Sex

Dan Kalo Ada Yang Mau Cari Alat Bantu Sex Atau Alat Bantu Sex Wanita Dan Obat Perangsang Atau Pun Obat Pembesar penis Blog Kami Menyediakannya jika berkenan berkunjung ya.. makacih

obat aborsi said...

Mantap Banget Bos Isi Postian Blog nya.

Ini Sekedar Info Gan ,Kalo Ada Yang Mau Cari Obat Aborsi

Kami Jual obat Aborsi,Obat Aborsi Penggugur Janin Obat Aborsi Penggugur Kandungan.Obat Aborsi yang kami jual dibuktikan ratusan orang di Indonesia dan luar negeri,Obat Aborsi ini tidak menyebabkan rasa sakit atau efek samping,
semua aman dan tanpa efek negative, Karena produk yang kami jual berdasarkan resep dokter spesialis.

Cara Beli Obat Aborsi : Melalui

Telp / SMS

Hp: 0813 2686 2636

Tersedia Paket Obat Aborsi.

HARGA PAKET OBAT ABORSI .

1. Paket A > Usia Kandungan 0 - 1Bulan, Biasa >> Harga : Rp 600.000
Super >> Harga : Rp 800.000

2. Paket B > Usia Kandungan 2 - 3Bulan , Biasa >> Harga : Rp 1.000.000
Super >> Harga : Rp: 1.200.000

3. Paket C > Usia Kandungan 4 - 6Bulan Biasa >> Harga : Rp 1.800.000
Super >> Harga : Rp. 2.000.000-

.

Contoh ,Order Obat Aborsi, :

Format SMS bebas, tidak perlu takut salah:
Telat bulan 4mggu_ Wilda, Surabaya_ Via MANDIRI.

Info Kami Tidak Melayani Pemesanan Via COD.

Nanti anda akan mendapat balasan via sms yang isinya jumlah total yang harus di bayar dan no. rekening untuk pembayaran.

Obat Bius said...

Sedia Obat Bius Herbal Alami aman Tampa Efek samping, OBAT BIUS kami sudah teruji dan di setujui olah para dokter dunia.
Obat Bius Yang Tersedia.

* OBAT BIUS Hirup Chloroform.

* OBAT BIUS Serbuk

* OBAT BIUS CAIR HERBAL SLEEPING BEAUTY.

obatpenyakitpegaldileher said...

tanks informasi nya
semoga bermanfaat ..:)

obat infeksi ulu hati.

obat tradisional hernia anak said...

informasi yg bagus..
semoga di beri kesuksesan dan kelancaran

obat infeksi ulu hati.

Silahkan komentarnya gan sekalian tinggalin jejek tapi jangan nyepam nohope

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...